Jumat, 05 Juni 2009

Belajar Budaya di Kampung Seni dan Wisata Manglayang



Berlibur megunjungi tempat wisata tak hanya sekedar hura-hura. Dengan mengunjungi tempat wisata, kita bisa menambah pengetahuan kita sendiri. Di Kampung Seni dan Wisata Mangalyang, kita bisa berwisata dan menambah pengetahuan kita tentang kesenian dan kebudayaan asli Manglayang.

Kampung Seni dan Manglayang terletak di Jalan Cijambe, Cinunuk, Cileunyi, Bandung. Kampung Seni dan Manglayang ini sendiri dirintis oleh Kawi dan istrinya sejak tahun 2005. Pada 29 Agustus 2007 lalu, Kampung Seni ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat sebagai sarana wisata budaya.


Lahan seluas 1,8 hektar ini dibangun menjadi sebuah tempat wisata budaya secara pribadi oleh Kawi dan dibangun untuk kepentingan budaya secara umum. Menurut Kawi, Kampung Seni dan Manglayang ini dibangun karena ada kegelisahan Kawi terhadap kebudayaan barat yang terus berkembang di Indonesia sedangkan kebudayaan asli Indonesia yang semakin lama semakin hilang. “Biar anak-anak juga akrab dengan budaya mereka sendiri”, ujar Kawi.

Pakalang Umbul : Tempat pertunjukan tari

Di Kampung Seni ini, pengunjung bisa bermain aneka permainan anak-anak seperti enggrang, gasing kayu, congklak, dan bebentengan. Pengunjung juga dapat berlatih keterampilan dan kebudayaan Manglayang. Selain itu, di Kampung Seni dan Wisata Manglayang, menyediakan beberapa saung. Saung-saung ini seperti saung ruing untuk tempat berkumpul dan mengobrol, saung pintunan sebagai tempat pertunjukkan dan saung kerajinan sebagai tempat penyimpanan dan memerkan hasil kerajinan.

Saung Lesung

Topeng Hasil Kerajinan

Menurut Kawi, Kampung Seni dan Wisata Manglayang ini dibangun dengan konsep desa wisata. Kampung Seni dan Wisata Manglayang sendiri dibagi menjadi empat bagian. Pada bagian atas mencerminkan seni religi dan budaya agraris, sesuai dengan budaya Manglayang. Bagian tengah merupakan bagian kesenian sebagai tempat pertunjukkan, tempat berlatih, dan menerima tamu. Pada bagian depan bawah merupakan arena bermain anak. Bagian samping atau sawah merupakan budaya alam. Pada perkembangan ke depan, pengunjung akan diajak untuk belajar menanam padi dan membajak sawah di kawasan budaya alam mini.

Saung Kesenian

Secara rutin, Kampung Seni dan Wisata Manglayang juga menampilkan pertunjukkan setiap Malam Minggu atau Sabtu malam. Pertunjukkan tersebut seperti wayang golek, benjang, dan ketuk tilu. Setiap tanggal 29 Agustus, Kampung Seni dan Wisata Manglayang mengadakan upacara pelumbungan padi sebagai ungkapan rasa syukur dan pesta panen. Pada upacara ini terdapat beberapa pertunjukkan seperti wayang golek dan benjang.

Untuk masuk ke sini, anda tidak perlu merogoh kocek anda alias gratis. Namun untuk rombongan dari suatu instansi akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.500.000,00 per rombongan dengan jumlah peserta tak terbatas.

Berkunjung ke Kampung Seni dan Wisata Manglayang ini tidak hanya mendapatkan suasana desa yang asri dan teduh. Di sini, kita juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan mengenai seni dan kebudayaan asli Manglayang. “Itu yang kita inginkan. Pengunjung datang ke sini dan mereka pulang dengan membawa sesuatu yaitu ilmu dan pengetahuan tentang budaya kita”, ujar Kawi.

17 komentar:

Bang Veri mengatakan...

kampung Manglayang memang bagus untuk dijadikan sebagai salah satu rujukan wisata budaya..., namun minimnya promosi menyebabkan kurang antusisanya warga mengunjungi tempat ini. Ayo...mari terus kita promosikan wisata Manglayang...!!

jalanjalanyuk mengatakan...

iya bang! biar cita2 nya Pak Kawi si pemilik tercapai untuk melestarikan budaya MAnglayang! ^^

Danta mengatakan...

Cihuy.. nyaman n sejuk tenan euy.. pingin ke sana. Tapi kapan? hiks

vian mengatakan...

dari foto bagus tempatnya, maklum belum perbah kesana, he
namanya aja baru tau, yah niat mampir klo lagi di bandung, he

kyaknya asik bwat wisata keluarga, palagi da permainan anaknya, bwat adeku yg maih kecil jadi g cepet bosen, sekalian widyawisata...

jalanjalanyuk mengatakan...

@danta: suasana di sini memang sejuk banget, suasananya dibikin kayak di pedesaan dan emang banyak pohon rindang.

@vian: di sini, selain bisa main, anak kecil juga bisa belajar budaya loh kayak wayang golek, benjang, dan lainnya

suka makan mengatakan...

aku juga pernah ke manglayang...keren dan suka banget sama lodang,rereakan, dan benjang...

Inge mengatakan...

waduh, bneran gratis ? hehehe...
kalo ngundang org dari Kp. manglayang, bisa ga, ya ?

jalanjalanyuk mengatakan...

klo yg masuk dikit itu gratis..
tp klo masuk ke sananya rombongan dikenai biayai 1,5juta. 1,5 juta itu untuk jumlah orang yg tidak terbatas. jadi klo rombongannya jumlahnya 100 orang ato 600 orang, biayanya tetap 1,5 juta..

bisa juga kok ngundang orang dari manglayang..

Anonim mengatakan...

salam buat bu Ira dari pak Jarmo Cilacap
bu beberapa waktu yang lalu saya mendapat buku tentang tari dari ibu, tapi sekarang sudah dibawa olh teman-teman. mohon kalau masih ada bisa diberikan ifo buat kami. dimana dan bagaimana kami bisa memperoleh. terimakasih

Anonim mengatakan...

Salam Budaya, terima kasih blog ini memberi banyak inspirasi
Kami juga punya oemah wayang, tempat wisata dan pendidikan,

selamat dan sukses

Kampung Seni Yudha Asri mengatakan...

Bagus banget Kampung Seninya. Salam selalu untuk terus melestarikan seni tradisi dan budaya.
Kampung Seni yang lain ada Kampung Seni Yudha Asri berlokasi di Serang - Banten.

Infonya :
http://kampung-seni-yudha-asri.blogspot.com

Anonim mengatakan...

Lokasinya dimana???aku orang cileunyi tapi baru denger kampung seni manglayang..hehehe

info ulin mengatakan...

mba saya mau minta izin minta foto2nya ya,buat tugas mata kuliah saya,kebetulan saya mahasiswi pemasaran pariwisata yang akan mengangkat kampung manglayang sebagai objek saya,,saya bertujuan baik karena ingin memasarkan kampung manglayang ini agar tidak kalah terkenal dengan saung angklung udjo. sehingga di kota bandung ini memiliki banyak wisata budaya.terimakasih mba

Anonim mengatakan...

ada nomorpemiliknya ga mbak?

Pulau Tidung mengatakan...

Bandung terkenal dengan budaya dan iklimnya yang sejuk.

BUPE KO mengatakan...

Bandung ceweknya cakep dan ramah gann

Mantab gan untuk posting yang bermanfaat ya, ini saya bantu klik adsx agan, klikback ya, nuwun
My Blog for ads
→ Lihat Infonya -> Cek disini
++++++++++++++
Tempat Belanjanya Orang2 Terkaya, ya jelas disini tersedia perhiasan mewah mutiara, kain batik ratusan ribu, perabot2 mewah,jam tangan unik dan aksesoris kereennn, joss markojoss
→ Lihat Infonya -> Cek disini

Safira Amalini mengatakan...

nice info :)

TOUR GRATIS BELITUNG

Posting Komentar